Minggu, 11 Maret 2012

Pengantar Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi Mikro adalah salah satu dari dua cabang Ilmu Ekonomi. Mikro Ekonomi mempelajari permasalahan mikro seperti penawaran dan permintaan, barang, pasar, fungsi produksi, dan lain-lain. Setiap permintaan akan mempenagaruhi harga dan sebaliknya juga penawaranpun akan mempengaruhi harga. Baik penawaran maupun permintaan digambarkan dalam bentuk kurva. Kurva penawaran mempunyai kemiringan positif atau ke kanan sedangkan permintaan kemiringan negatif atau ke kiri. Kedua kurva akan bertemu pada satu titik yang dinamakan titik equilibrium.

Kegagalan pasar
Ekonomi mikro juga mempelajari kegagalan pasar yang membuat pasar persaingan menjadi tidak sempurna seperti:
Monopoli: In adalah kondisi dimana suatu pasar hanya dikuasai oleh seorang produse saja. Pada pasar ini, produsen bebas untuk menentukan jumlah produksinya dan harganya. Pada negara-negara Komunis atau demokrasi, pihak pemerintah masih mengontrol kekayaan alam untuk hak hidup orang banyak. Tentu saja jika pemerintah yang menguasai akan lebih baik daripada swasta yang selalu berorientasi pada keuntungan (profit)

Asimetri informasi: Setiap pasar kita temui asimetri informasi yakni informasi yang tidak sama diterima oleh pembeli. Fenomena seperti ini dijelaskan oleh George Kerlof tentang pasar jeruk dan mobil bekas. Pada pasar jeruk penjual akan cenderung menjual termasuk jeruk yang kualitasnya jelek. apalagi pasar mobil bekas ada kecendrungan untuk menjual barang yang kualitasnya buruk juga.
Eksternalitas, ada eksternalitas positif maupun ekternalitas negative. Jika positif membuat dampak yang postif seperti peningkatam kesehatan atau kalau negative dapat ditanggulangi dengan cara
Barang public; barang yang dimiliki oleh public. Pemerintah akan memungut pajak untuk mengurus barang public seperti pemberantasan sarang nyamuk.
Opportuny cost
Setiap kita melakukan sesuatu maka kita akan menghasilkan uang jadi jika kita harus melakukan sesuatu yang tidak perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar