Sabtu, 10 Maret 2012

Pengertian Hermeneutika


pengertian hermeneutika
a. Ilmu yang mempelajari teori-teori, prinsip-prinsip (aturan-aturan) dan metode-metode penafsiran Alkitab.
"Hermeneutics is the science that teaches us the principles, laws, and methods of interpretations." (L. Berkhof)
"Hermeneutics is the science of correct interpretation of the Bible." (Bernard Ramm)
b. Seni yang menguji kemampuan untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip penafsiran Alkitab.
c. Ilmu yang mempelajari keseluruhan proses penafsiran (konsep keseluruhan dari tugas penafsiran), terutama dalam dimensi spiritual bagi kepentingan pertumbuhan rohani penafsir.

Secara harfiah, hermeneutika artinya ‘tafsir’. Secara etimologis hermeneutika dari bahasa yunani Hemeneuin yang berarti menafsirkan

.( Abdurrahman al-baghdadi ; 2007; 8). Mudjia Raharja juga mengungkapkan bahwa hermeneutika yang dalam bahasa inggrisnya adalah hermeneutics, berasal dari kata yunani hermneuine dan hermenia yang masing-masing berarti “ menafsirkan “ dan “penafsiran”. Istilah tesebut dalam berbagai bentuk dapat dibaca dalam sejumlah literatur peninggalan yunani kuno, seperti yang digunakan oleh aristoteles dalam sebuah risalahnya yang berjudul Peri Hermenias ( tentang penafsiran) .dan karya plato (Mudjia Raharja2008;27). Dan richard E. palmer, 2005; 14).

Richard E. palmer, 2005,hal, 16. mengemukakan bahwa bentuk dasar makna pertama dari hermeneutiak adalah “ to expres” (mengungkapkan), “to assert” (menegaskan) atau “to say” (menyatakan). Ini terkait fungsi “ pemberitahuan “ dari hermes.
The new encyclopedia britannica menulis, bahwa hermeneutika adalah studi prinsip-prinsip general tentang interpretasi bibel ( the study of the general prinsple of biblical interpretation ). Tujuan dari hermeneutika adalah untuk menemukan kebenaran dan nilai-nilai dalm bibel.ada empat model utama interprestasi bibel, yaitu 1. Literal interpretation, 2. Moral interpretation,3. Allegorical interpretation, 4. Anagogical interpretation. (Abdurrahman Al-Baghdadi;2007; 8). ( dalam Grondin, 1994, 20)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar