Minggu, 25 Maret 2012

pentingnya mencuci tangan


  • Mencuci tangan seringkali diabaikan oleh beberapa orang. Padahal Mencuci tangan merupakan salah satu cara yang efektif untuk memutus rantai penyebaran penyakit. Tahukah Anda? Bakteri tumbuh dan membelah diri setiap 20 menit, dan satu sel bakteri dapat membelah menjadi 8 juta sel kurang dari 24 jam. Mencuci tangan sendiri populer mulai abad ke 19 di negara-negara kaya. Dan pada tangan kita terdapat lekukan sidik jari yang bisa menjadi tempat teperangkapnya partikel-partikel yang tidak terlihat oleh mata.
  • Ada berbagai cara untuk mencuci tangan seperti mencuci tangan dengan air, mencuci tangan dengan sabun, mencuci tangan dengan air panas, mencuci tangan dengan cairan antiseptik, mencuci tangan dengan tisu basah. Mencuci tangan yang baik dengan menggunakan sabun, karena lebih efektif membunuh kuman. Lalu kapan saja kita harus mencuci tangan kita? Setelah ke kamar mandi, menyentuh binatang peliharaan, mengalami kontak dengan cairan tubuh dan darah, menyentuh binatang, menyentuh daerah tercemar, menyentuh daging mentah dan sayuran mentah. Dan sebelum makan maupun memasak yang terjadi kontak langsung dengan tangan kita.

    Langkah-langkah mencuci tangan dengan sabun:
    1. Basahkan tangan anda, ambil sabun secukupnya, oleskan sabun ke seluruh bagian tangan.
    2. Gosok tangan secara menyeluruh mulai dari telapak tangan, pergelangan tangan, sela-sela jari, bagian belakang tangan selama kurang lebih 30 detik.
    3. Bilas tangan anda dan keringkan dengan sempurna.
  • Lalu bagaiman jika tidak tersedia sabun dan air? Kita dapat menggunakan cairan pembersih tangan. Di Indonesia sudah banyak penjual cairan pembersih tangan seperti carex, antis, dettol. Maupun dengan tisu basah dengan antiseptik.

    Sumber Carex.com, Dettol.com, Wikipedia.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar