Minggu, 25 Maret 2012

penyebab bayi lahir prematur


  • Rata-rata bayi normal yang dilahirkan cukup bulan (9 bulan) mempunyai berat badan lebih dari 2500 gram. Bayi preamtur atau sekarang lebih dikenal dengan istilah Berat badan Lahir rendah (BBLR) adalah bayi yang dilahirkan dengan berat badan kurang dari 2500 gram.
    ada dua macam BBLR:

    1. Prematur murni. Bayi lahir belum cukup bulan atau lahir kurang pada 9 bulan pada masa kandungan dalam patokan kedokteran kurang dari 37 minggu.
    2. Bayi lahir cukup bulan (lebih dari 37 minggu), tapi berat badannya kurang dari 2500 gram. Keadaan ini disebut intra Uterine Growth Retardation (IUGR).
  • Untuk menentukan apakah seorang bayi prematur , IUGR atau prematur murni, dipakai perhitungan dengan menggunakan suatu label.
    Bayi IUGR relatif lebih mudah tumbuh dan berkembang setelah dilahirkan dibandingkan dengan bayi prematur murni.
    Penyebab bayi lahir prematur bermacam-macam antara lain:
    1. Keadaan gizi, sosial dan ekonomi yang rendah . Misalnya kehamilan pada remaja, jarak dua kehamilan kurang dari dua tahun dan ditambah dengan gizi yang buruk.
    2. Pendarahan pada kehamilan.
    3. Infeksi yang kronis.
    4. Kelainan kandungan.
    5. Kehamilan kembar
    Makin kecil berat badan bayi prematur, makin banyak penyulit yang sering dihadapi belum mempunyai alat-alat yang tumbuh lengkap seperti bayi normal. Penyulit yang sering muncul pada bayi prematur antara lain ganguan pencernaan, ganguan pernapasan, ganguan darah dan infeksi. Bila ganguan-ganguan itu dapat diatasi maka umumnya perkembangan fisik dan kecerdasan bayi prematur tidak berbeda dengan bayi biasa.

    Salah satu masalah yang sering dihadapi bayi prematur adalah daya hisapdan menelannya lemah. Untuk itu perlu mendapat perhatian dan cara yang khusus. Tapi bila daya hisap dan menelanya kuat, maka cara makan dan minumnya sama dengan bayi lahir noramal

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar